Permainan capsa susun merupakan salah satu varian capsa yang cukup tua. Asal-usul permainan ini sendiri sebenarnya masih menjadi kontroversi. Beberapa pihak beranggapan bahwa permainan ini pertama kali diciptakan oleh masyarakat, khususnya gembala, yang berasal dari wilayah Asia Barat. Meski begitu, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari daratan Cina. Permainan ini diperkirakan mulai muncul pada akhir abad ke-17 atau menjelang abad ke-18. Seturut waktu, permainan ini pun mengalami perkembangan, baik dari segi benda yang digunakan maupun aturan permainan.

Mengetahui Sejarah dari Permainan Capsa Susun

Cara Capsa Susun Berkembang: Dahulu ke Sekarang

Seperti kebanyakan permainan lain, permainan ini lahir dari budaya masyarakat. Berdasarkan pendapat beberapa ahli, permainan ini lahir sebagai bentuk upaya masyarakat kala itu, khususnya di daratan Cina, untuk menyatakan penghormatan mereka kepada para dewa. Lambat laun, permainan ini pun mulai diadopsi masyarakat luas. Permainan yang awalnya hanya berkutat di lingkup ritual keagamaan, mulai bergeser ke permainan publik. Catatan sejarah bahkan merekam permainan ini pernah dimainkan pada masa pemerintahan Kaisar Mu-Tsung, salah seorang penguasa daratan Cina di waktu lampau. Tidak sedikit pula yang percaya bahwa permainan ini diciptakan pada rentang waktu yang sama dengan permainan sejenis kala itu, yaitu Pai Gow.

Mengetahui Sejarah dari Permainan Capsa Susun
Mengetahui Sejarah dari Permainan Capsa Susun

Merambah benua Eropa

Sekitar abad ke-19, permainan capsa diperkirakan telah mendarat di benua biru Eropa. Dengan cepat, permainan capsa merambah beberapa negara Eropa. Sedikit demi sedikit, budaya setempat turut memberikan pengaruh bagi permainan ini. Salah satu pengaruh terbesar yang diterima permainan ini dari budaya Eropa adalah gambar Raja, Ratu, dan Jack yang tetap berlaku hingga kini. Sebenarnya masih belum jelas identitas tokoh yang dijadikan referensi gambar pada kartu-kartu capsa atau poker. Namun, diperkirakan tokoh-tokoh berikut inilah yang dijadikan referensi untuk gambar karakter King, Queen, dan Jack dalam kartu capsa.

  • Lahire atau Etienne de Vignolles untuk karakter Jack Hati.
  • Hector untuk karakter Jack Wajik.
  • Ogier untuk karakter Jack Sekop.
  • Lancelot untuk karakter Jack Keriting.
  • Yudit untuk karakter Queen Hati.
  • Rachel untuk karakter Queen Wajik.
  • Pallas untuk karakter Queen Sekop.
  • Argine (anagram dari Regina atau Ratu) untuk karakter Queen Keriting.
  • Charles untuk karakter King Hati.
  • Caesar untuk karakter King Wajik.
  • Daud untuk karakter King Sekop.
  • Aleksander untuk karakter King Keriting.

Cara main capsa

Butuh waktu bagi permainan ini untuk berkembang dan mendapatkan bentuk akhirnya seperti yang kita lihat pada masa ini. Hal yang kurang lebih sama juga berlaku untuk aturan permainannya. Menurut catatan, kayu adalah material pertama yang digunakan untuk membuat kartu capsa yang digunakan untuk permainan ini. Sebelum plastik sintetis ditemukan pada tahun 1907, material kayu dianggap sebagai bahan yang paling tepat untuk membuat lembaran kartu permainan ini. Lambat laun, seiring dengan semakin populernya permainan ini, mulai muncul bahan alternatif lain, yaitu plat tembaga.

Aturan main capsa susun pun sedikit demi sedikit berubah. Saat ini, aturan yang melekat pada permainan ini adalah empat orang pemain saling beradu dengan memegang masing-masing 13 kartu. Tahap berikutnya adalah menyusun kartu. Para pemain harus saling beradu strategi dalam menyusun kart uke dalam tiga tingkatan yang berbeda. Pada tingkat teratas, terdapat tiga kartu dan dua tingkat lainnya hanya berisi lima kartu. Seorang pemenang akan muncul jika jumlah kemenangan yang diperolehnya dari setiap tingkat mengungguli ketiga pemain lain.

Tentunya, masing-masing pemain diberikan kebebasan dalam mengembangkan strategi bermain mereka. Namun, setidaknya ada beberapa kemampuan atau pengetahuan dasar yang harus dimiliki setiap pemain, yaitu:

  • urutan angka yang berlaku, yakni As (bernilai 1), 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan King.
  • urutan gambar yang berlaku, yakni Wajik, Sekop, Hati, dan Keriting.
  • Kombinasi kartu, mulai dari Royal Flush, Straight Flush, Four of a Kind, Full House, Flush, Straight, Three of a Kind, Double Pair, Pair, hingga High Card.